Perancangan Aplikasi Pembuatan KTP Berbasiskan Web

(Studi di Kodya Bekasi)

Tugas Akhir / Skripsi Komputerisasi Akuntansi
Penulis: Fitri Ayunda P, Oka Kusuma W, dan Pramesti Yulfia
Program Studi Komputerisasi Akuntansi Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta mengharapkan pembangunan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia menjadi lebih terintegrasi dan terarah serta tidak tumpang tindih pengembangannya mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, sampai tingkat pemerintah pusat. Oleh sebab itu, pemerintah menyusun konsep sistem informasi nasional sebagai acuan atau tolak ukur bagi penyusunan nasional e-Strategy di Indonesia yang dilengkapi konsep pelaksanaan secara makro melalui program e-Indonesia, termasuk pembangunan e-Government di dalamnya.

Sistem e-Government semestinya sudah menjadi bagian dan kebutuhan dari strategi penyelenggaraan pemerintah. Namun faktanya masih banyak lembaga pemerintahan yang belum menyadari pentingnya implementasi e-Government. Dengan penggunaan sistem e-Government, diharapkan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang lebih baik dapat terpenuhi. Hal ini menjadikan pemerintah daerah (pemda) mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi yang menjanjikan efisensi tinggi dan pelayanan yang lebih baik. Oleh karena itu, pada saat ini pemerintah berupaya mengoptimalkan pendayagunaan teknologi informasi dalam rangka mendukung kinerja pemerintah dalam pemanfaatan teknologi informasi.

Pengembangan sistem manajemen informasi ditujukan untuk peningkatan kinerja, kepentingan penyelenggaraan pelayanan publik, perumusan kebijakan, dan pengambilan keputusan pejabat publik sehingga dalam penyelenggaraan kinerja pemerintah dapat berjalan secara efektif dan efisien. Rancang bangun manajemen informasi daerah mengimplementasikankan strategi sistem terdistribusi. Sasaran dan tujuan strategi ini adalah mempercepat proses distribusi informasi dan arus komunikasi secara terintegrasi di lingkungan satuan kerja pemda.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pembuatan KTP yang sedang berjalan di Kelurahan Jatibening, Kodya Bekasi dan mengidentifikasi permasalahan yang sedang dihadapi dan kelemahan yang ada pada saat ini, serta merancang suatu sistem pembuatan KTP berbasiskan web. Pada sistem pembuatan KTP ini dirancang fasilitas yang dapat memberikan kemudahan bagi penduduk untuk membuat KTP dengan efektif dan efisien, serta membantu pemerintah dalam peningkatan kinerja demi kepuasan penduduk terhadap layanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan, analisis, kuesioner, wawancara, dan perancangan.

Hasil yang ingin dicapai dari penelitian ini ialah pemerintah dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada penduduk Kodya Bekasi dalam proses pembuatan KTP serta memberikan kemudahan bagi pihak pemerintahan Kodya Bekasi dalam melakukan administrasi data penduduk. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa adanya perancangan sistem e-Government dapat menyediakan fasilitas yang mempermudah proses pembuatan KTP.