Evaluasi Sistem Informasi Distribusi

(Studi Pada PT Ericsson Indonesia)

Skripsi / Tugas Akhir Komputerisasi Akuntansi
Penulis: Anmelia Priskilla K dan Nadia Artini
Program Studi Komputerisasi Akuntansi Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Dalam penggunaan suatu sistem informasi ada kemungkinan untuk terjadinya kesalahan, baik yang disebabkan oleh pengguna maupun pada perangkat sistem informasi itu sendiri. Kesalahan pada sistem informasi akan mempengaruhi perencanaan dan pengambilan keputusan. Oleh sebab itu, suatu sistem informasi yang baik semestinya selalu dilengkapi dengan mekanisme pengendalian internal. Pemeriksaan secara periodik perlu dilakukan untuk mengurangi atau menghindari terjadinya kesalahan dalam suatu sistem informasi.

Perkembangan teknologi informasi juga mempengaruhi aktivitas pada suatu perusahaan karena sekarang ini hampir semua kegiatan di dalam sebuah perusahaan memiliki ketergantungan tingkat yang tinggi terhadap teknologi informasi. Oleh sebab itu, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teknologi informasi perlu disertai pengendalian internal agar pemanfaatannya dapat sesuai atau sejalan dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Evaluasi menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk menilai kinerja dari suatu sistem informasi. Diantaranya, yaitu untuk mengetahui apakah sistem informasi tsb telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, apakah telah memenuhi kebutuhan pengguna, juga untuk mengetahui apakah suatu sistem informasi telah dirancang dan diterapkan secara efisien, efektif, dan memiliki mekanisme pengamanan aset, serta menjamin integritas data yang memadai.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas dari sistem informasi yang ada mencakup pengendalian boundary, input dan output serta pengendalian manajemen keamanan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan evaluasi yaitu, penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan berupa kuesioner, wawancara, studi dokumentasi, dan observasi pada obyek yang dievaluasi.

Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah penulis menemukan kelemahan-kelemahan yang ada pada sistem informasi distribusi perusahaan yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk meningkatkan performa kerja sistem perusahaannya. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian adalah sistem sebaiknya dievaluasi secara rutin dalam jangka waktu tertentu untuk dapat melakukan penyesuaian dengan kebutuhan perusahaan dan selalu diperbaharui.