Audit Sistem Informasi terhadap Sistem Aplikasi Penilaian Karya

(Studi pada Kelompok Kompas Gramedia)

Tugas Akhir / Skripsi Komputerisasi Akuntansi
Penulis: Suriya Dinata, Amelia Natalina, dan Greta Christina S
Program Studi Komputerisasi Akuntansi Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor penting dalam suatu perusahaan. SDM merupakan aset perusahaan yang senantiasa perlu dibina dan dikembangkan. Pertumbuhan perusahaan tidak dapat dilepaskan dari besarnya peran SDM. Secanggih apapun sistem yang digunakan suatu perusahaan, tenaga manusia masih tetap dibutuhkan. SDM sebagai pilar penyangga utama sekaligus roda penggerak perusahaan merupakan elemen yang sangat penting dalam usaha mewujudkan visi dan misi perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan perlu memperhatikan kebutuhan karyawan dengan memberi balas jasa atau penghargaan terhadap karyawan perusahaan tersebut sehingga dapat meningkatkan loyalitas dan meningkatkan produktivitas kerjanya di perusahaan.

Kelompok Kompas Gramedia menganggap perlu adanya suatu alat yang dapat digunakan untuk menganalisa, mengukur, dan menilai hasil karya karyawan dalam rangka mewujudkan perlakuan adil pada setiap karyawan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka dibentuklah suatu Sistem Aplikasi Penilaian Karya (SAPK).

Di dalam penulisan skripsi ini, penulis melakukan audit terhadap SAPK yang terdapat di dalam Kelompok Kompas Gramedia. Dengan SAPK, perusahaan menilai karyawan dalam beberapa hal, antara lain: sikap, prestasi, keterampilan, dan pengetahuan sehingga perusahaan dapat membina, mengembangkan, dan memberi bentuk penghargaan kepada setiap karyawan secara adil. Penghargaan tersebut diwujudkan antara lain dalam bentuk: pendidikan dan pelatihan, kaderisasi serta bonus. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi dan efektifitas SAPK serta memberi rekomendasi berdasarkan potensi-potensi resiko yang ditemukan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dan metode kepustakaan. Penelitian lapangan bersumber dari observasi, wawancara, check list pertanyaan, serta ulasan dokumentasi. Metode kepustakaan bersumber dari buku-buku referensi. Hasil yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah pengukuran tingkat efektifitas sistem aplikasi (untuk dapat memberikan rekomendasi) dan laporan audit.

Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah SAPK yang dirancang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Kelompok Kompas Gramedia untuk memberikan penilaian atas kinerja tiap karyawannya.